Senin, 14 Februari 2011

Pegawai Negeri menurut Undang-undang Nomor 8 Tahun 1974 sebagaimana telah telah diubah dengan Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 adalah merupakan aparatur negara, abdi negara dan abdi masyarakat yang memiliki peranan yang sangat penting di dalam penyelenggaraan umum pemerintahan dan pembangunan guna mencapai tujuan negara sebagaimana termaktub di dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945.
Sehubungan dengan peranan dan kedudukannya tersebut pegawai negeri perlu dilakukan pembinaan dengan sebaik-baiknya yaitu dengan berdasarkan sistem karir dan sistem prestasi kerja. dengan dilakukan pembinaan tersebut diharapkan akan mendapatkan dan menemukan bakat-bakat yang ada dalam diri pegawai.
Salah satu pembinaan karir yang selama ini telah dilakukan adalah dengan memberikan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi bagi pegawai telah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Kenaikan pangkat adalah merupakan elemen penting dalam pembinaan pegawai negeri, karena melalui kenaikan pangkat yang tepat waktu dan sasaran diharapkan akan menumbuhkan semangat kerja dan motivasi bagi pegawai. Kenaikan pangkat bukanlah hak namun kenaikan pangkat adalah merupakan penghargaan negara terhadap prestasi kerja dan pengabdian pegawai terhadap negara.
Berbicara masalah kenaikan pangkat tidak akan lepas dari yang namanya DP-3 (Daftar Penilaian Pelaksanaan Pekerjaan, dimana DP-3 adalah merupakan salah satu syarat utama di dalam pengajuan usul kenaikan pangkat pegawai, dimana setiap unsur prestasi kerjanya harus bernilai baik.
namun yang menjadi pertanyaan kami "Apakah penilaian yang dilakukan selama ini telah dilaksanakan secara obyektif ataukah tidak?
Jelas jawabannya adalah belum obyektif, dimana masih banyak kita temukan pegawai yang keluyuran di mall-mall, pasar bahkan tempat hiburan pada saat jam kerja. Oleh karena itu jika kita ingin mendapatkan aparatur yang berkualitas dan profesional diharapkan penilaian terhadap pegawai dilaksanakan secara obyektif dengan dimulai dari diri kita sendiri baru ke orang lain.
Dengan melakukan reformasi terhadap diri kita sendiri maka secara tidak langsung akan mampu merubah apa-apa yang ada disekitarmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar